Resep dan Cara Membuat Kerupuk Jangek, Kerupuk Kulit Sapi Khas Sumatera Barat

Advertisement
Berbicara mengenai makanan tentunya tak akan lepas dari kerupuk. Ya, kerupuk merupakan pelengkap makanan yang membuat suasana makan menjadi lebih enak. Di negeri kita sendiri banyak beragam jenis kerupuk yang enak, salah satunya adalah kerupuk jangek. Dan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kerupuk jangek, kerupuk kulit sapi khas Sumatera Barat.

resep dan cara membuat kerupuk jangek kulit sapi

Siapa sih yang tidak suka kerupuk kulit sapi? Kerupuk jenis ini terkenal renyah dan gurih. Sehingga cocok dimakan sebagai cemilan ataupun sebagai lauk makan. Kerupuk kulit ini juga dapat bertahan lama asal disimpan dalam wadah kedap udara.

Kerupuk atau kalau di Jawa disebut rambak, juga banyak dijual di pasar. Mulai dari kerupuk jangek, kerupuk kulit kambing, kerupuk dari tepung hingga kerupuk beras. Omong omong mari langsung kita bahas resep dan cara membuat kerupuk jangek ini guys.


Resep Kerupuk Jangek



Bahan bahan

  • Kulit sapi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya



Cara Memasak

  1. Rendam kulit sapi selama kurang lebih 15-30 menit untuk melarutkan kotoran yang menempel.
  2. Selanjutnya rebus kulit sapi untuk memudahkan dalam proses menghilangkan bulu bulunya. Setelah direbus, kerik bulu di kulit sapi dengan pisau tajam secara perlahan sampai bersih. Selanjutnya kulit sapi direbus kembali sampai matang.
  3. Potong kulit sapi sesuai selera, biasanya dengan bentuk memanjang. Lalu berikan taburkan garam kemudian aduk secara merata.
  4. Kemudian jemur kulit sapi tersebut hingga kering. Proses ini lama, karena perlu waktu hingga 1 minggu.
  5. Setelah kulit sapi sudah kering, maka kulit sapi sudah siap digoreng menjadi kerupuk jangek.

baca juga : Resep Kerupuk Amplang, Kerupuk Ikan Khas Kalimantan

Mudah bukan cara membuat kerupuk jangek yang berbahan kulit sapi ini. Hanya saja memang perlu waktu dan kesabaran karena salah satu tips resep kerupuk jangek ini adalah harus dijemur dalam waktu yang lama. Jangan lupa juga untuk menyimpan kerupuk ini dalam toples atau wadah tertutup lainnya agar tidak melempem, demikianlah ulasan resep kali ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Advertisement
Resep dan Cara Membuat Kerupuk Jangek, Kerupuk Kulit Sapi Khas Sumatera Barat | Andri Widodo | 5