Cara Mengolah Pare agar Tidak Pahit

Advertisement
Tanah Indonesia terkenal subur dan memiliki beragam jenis sayuran hijau yang menyehatkan. Sebut saja sayur oyong, sayur bayam hingga pare, sayangnya buah pare dikenal terasa pahit. Namun tenang saja, kali ini kami akan berbagi tips menghilangkan rasa pahit dalam buah pare.

cara menghilangkan rasa pahit dalam sayur pare

Tips berikut ini terbilang mudah dan sangat sederhana. Kabar baiknya, cara ini terbukti ampuh mengurangi rasa pahit buah pare tanpa perlu memakan banyak waktu. So, seperti apa caranya? Mari simak dibawah ini.


Cara Menghilangkan Rasa Pahit Buah Pare


1. Menggunakan Garam


Cara pertama adalah dengan menggarami buah pare untuk menghilangkan rasa pahitnya. Pertama, kupas kulit buah pare potong potong sesuai selera dan hilangkan isinya. Kemudian rendam dalam air yang sudah dicampur dengan garam.

Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 15-25 menit. Lalu angkat dan peras buah pare sambil dicuci dengan air mengalir. Dan kemudian buah pare siap di masak.


2. Menggunakan Gula Pasir


Cara kedua adalah menggunakan gula pasir, pertama belah buah pare menjadi dua bagian. Lalu buang isinya dan potong sesuai selera. Kemudian campurkan buah pare dengan gula sekitar 5 sdm di dalam mangkok.

Kemudian remas remas buah pare tersebut hingga airnya keluar, cara ini juga berfungsi agar gula dapat meresap ke dalam buah pare. Selanjutnya bersihkan pare dengan air mengalir sambil di peras peras lagi. Selesai, buah pare siap diolah untuk di makan.


3. Menggunakan Daun Jambu


Cara terakhir adalah memanfaatkan daun jambu biji untuk membuat pare tidak terlalu pahit. Seperti cara cara sebelumnya, belah buah pare, hilangkan isinya dan potong sesuai selera. Lalu cuci buah pare dan juga daun jambu bijinya, cukup gunakan 5-7 helai daun jambu.

Selanjutnya rebus buah pare dan daun jambu bijinya sampai layu. Kamu dapat menambah gula atau garam untuk mempercepat proses ini. Selanjutnya angkat buah pare jika sudah layu, saring lalu tiriskan.
Kemudian cuci buah pare yang sudah direbus tadi, lalu peras hingga kering. Selesai, buah pare kamu siap diolah untuk di tumis maupun di buat somay.


Demikianlah beberapa tips dari kami untuk mengolah buah pare agar tidak pahit. Sangat sederhana dan mudah dipraktekkan bukan?. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, cara ini terbukti efektif kok.

Advertisement
Cara Mengolah Pare agar Tidak Pahit | Andri Widodo | 5